Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rabu, 01 Mei 2013

Pentingnya Belajar Bahasa Asing


Pentingnya Belajar Bahasa Asing Terutama Bahasa Inggris Dalam Era Globalisasi


PENDAHULUAN

1.1        LATAR BELAKANG
Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting di era globalisasi dunia bisnis, ekonomi, sosial, pariwisata, teknologi dan sebagainya menjadi semakin mudah di dapat. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk kelancaran interaksi antara berbagai negara. Begitu juga dengan bahasa asing yang lainnya (seperti bahasa jepang, bahasa mandarin dan lainnya). Saat ini banyak sekali bermunculan film dan komik yang menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris yang membanjiri negeri ini.

Berangkat dari perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan zaman yang semakin maju dan modern, maka dibutuhkan sebuah penguasaan ketrampilan bahasa terutama bahasa inggris sebagai alat komunikasi internasional. Hal ini bertujuan agar kita sebagai warga Indonesia mampu bersaing dalam percaturan dunia dan mampu bersosialisasi dengan para pelaku pasar bebas. Dan banyak pendapat yang mengatakan bahwa belajar bahasa Inggris itu sangat penting bagi siapa saja. Baik tua maupun muda. Mulai dari anak sekolah, orang biasa, para pekerja, pengusaha, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga.

Dengan adanya kenyataan diatas, telah mendorong kami untuk melakukan pengamatan pada bahasa inggris sebagai objek pengamatan yang merupakan alat komunikasi internasional. Sebab kami pernah menemukan di salah satu situs internet yang menyatakan bahwa belajar bahasa Inggris dalam era globalisasi itu sangat penting untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

1.2       RUMUSAN MASALAH
a.       Mengapa Bahasa Internasional menggunakan Bahasa Inggris ?
b.      Mengapa bangsa Indonesia diharuskan belajar Bahasa Inggris ?
c.       Apakah manfaat belajar Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris?
d.      Pengaruh belajar bahasa asing terutama Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia ?

1.3       TUJUAN PENGAMATAN
  1. Untuk mengetahui alasan digunakannya Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional
  2. Untuk mengetahui alasan bangsa indonesia diharuskan belajar Bahasa Inggris
  3. Untuk mengetahui manfaat dari belajar Bahasa Inggris
  4. Untuk mengetahui pengaruh belajar Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia
1.4       MANFAAT PENGAMATAN
  1. Dapat mengetahui alasan digunakannya Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional
  2. Dapat mengetahui alasan Bangsa Indonesia diharuskan belajar Bahasa Inggris
  3. Dapat mengetahui manfaat dari belajar Bahasa Inggris
  4. Dapat mengetahui pengaruh belajar Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia                                                                            


DATA DAN PAMBAHASAN


3.1       ALASAN BAHASA INGGRIS DIGUNAKAN SEBAGAI BAHASA   INTERNASIONAL
             Negara Inggris merupakan negara yang peradabannya tinggi misalnya dilihat dari segi ekonomi, negara Indonesia  jauh dari negara lain sampai kemodernan dan sebagainya. Beberapa alasan mengapa Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Internasional;
1.      Negara Inggris merupakan negara yang paling banyak jajahannya yang menguasai sebagian besar lautan dan merupakan penjajah terbesar. Penduduknya bermigrasi dan menetap di beberapa benua besar di dunia sehingga menyebabkan mereka punya banyak koloni yang tetap menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi mereka atau sebagai bahasa kedua (negara-negara bekas jajahan inggris).         
2.      Bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan dan tesebar di berbagai belahan negara. Menurut Braj Kachru, penyebarannya dibagi menjadi tiga bagian.
·         Inner Circle adalah negara negara yang memiliki basis Bahasa Inggris secara tradisi seperti Inggris, Irlandia,Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, sebagian kepulauan karibia dan beberapa populasi di Kanada.
·         Outer Circle adalah negara negara yang secara historis memiliki hubungan dengan bangsa Inggris dalam bentuk kolonialisasi (Commonwealth of Nations) ataupun pengaruh lain. Negara-negara tersebut antara lain India, Pakistan, Nigeria, Filipina, Singapura dan Hongkong.
·         Expanding Circle merupakan negara lain yang bukan negara berbahasa inggris secara tradisi dan juga bukan negara jajahan Inggris, namun menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa tambahan.
 Persebaran Bahasa Inggris juga didukung oleh berbagai penemuan yang dilakukan oleh orang- orang inggris. Segala penemuan tersebut di umumkan dengan menggunakan bahasa inggris sehingga menyebabkan bahasa inggris semakin dikenal luas dan negara inggris terkenal menjadi negara ADIKUASA, ADIDAYA dan  SUPERPOWER.
3.      Berdasarkan alasan yang kedua, kita tidak perlu membuat promosi yang terlalu sulit untuk menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, karena telah diawali oleh keberadaan negara-negara tersebut.
4.      Alasan strategis dan politis, karena negara-negara seperti Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, sebagaian kepulauan Karibia dan beberapa populasi di Kanada tersebut kebanyakan merupakan negara negara yang memiliki tingkat pendapatan yang lebih besar dari negara lain.

3.2       Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Bangsa  Indonesia
 Dan menurut banyak pendapat, belajar bahasa Inggris itu sangat penting bagi siapa saja. Baik tua maupun muda. Mulai dari anak sekolah, orang biasa, para pekerja, pengusaha, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga. Faktor geografi, komunikasi, akses pada informasi menjadi tiga alasan  yang masuk di akal di balik perlunya belajar bahasa Inggris bagi orang Indonesia.
1.           Indonesia dikelilingi oleh negara-negara yang kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau kedua. Negara-negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini. Faktor geografis menjadi alasan pertama mengapa orang Indonesia perlu mempelajari bahasa Inggris. Apabila suatu saat seorang WNI bepergian ke luar negeri, bekal pengetahuan bahasa Inggris akan mempermudah seseorang dalam berkomunikasi dengan warga negara setempat. Hal ini juga terjadi di negara Belanda yang menganjurkan murid SMA mempelajari dan menguasai bahasa asing mengingat bahasa Belanda tidak dipakai oleh negara di sekelilingnya.
2.           Bahasa Inggris perlu dipelajari karena penggunaan luasnya sebagai bahasa komunikasi Internasional. Agar dapat melakukan komunikasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang budaya dan kenegaraan, bahasa Inggris menjadi pilihan utama yang sering dipakai dalam melakukan komunikasi.
       Contoh yang mudah dilihat ada di dunia pariwisata. Para wisatawan yang melakukan perjalanan di negara asing lazim menggunakan bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan warga negara asli yang dikunjunginya.
             Bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar resmi dalam dunia transportasi udara dan laut. Pilot pesawat, dilatih untuk menguasai bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan pihak menara pengawas bandara yang menjadi tujuan pesawat yang diterbangkannya. Begitu pula pihak menara pengawas bandara pun harus mahir berbicara dalam bahasa Inggris, karena pesawat yang mendarat di bandara tidak hanya datang dari satu negara tapi juga mancanegara.
            Sama halnya dalam dunia pelayaran, bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi resmi. Para petugas pelabuhan yang mengendalikan situasi akan selalu berhadapan dengan kedatangan kapal-kapal asing. Agar komunikasi lancar, petugas dan Syahbandar harus mampu berbicara dalam bahasa Inggris dengan nahkoda kapal dari negara asing.


3.3       Manfaat Belajar Bahasa Inggris
            Dalam era globalisasi ini penting sekali untuk belajar atau dapat berbicara bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya. Tetapi jika kita lupa akan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, maka kepercayaan diri akan hilang dan bangsa tidak akan maju. Bila kamu dapat berbahasa Inggris, maka kamu dapat berbicara dengan lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Jika kita menguasai bahasa Inggris, ada beberapa manfaat dari belajar bahasa inggris yaitu;
O  Kita dapat chatting dengan orang yang berasal dari negara lain.
O Menulis surat dan berkeliling dunia dengan menggunakan satu bahasa asing.
O Dengan belajar bahasa asing bisa membantu meningkatkan kemampuan daya ingat, membaca, menulis, berbicara, mendengar, kreativitas, kemampuan untuk menganalisa, dan memecahkan masalah.
O   Mempercepat kemajuan karir
Karena kebanyakan bisnis internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Jika menginginkan jabatan managerial di perusahaan multinasional, kemungkinan besar  akan dituntut untuk dapat berbahasa Inggris. Sejumlah perusahaan bergengsi bahkan sekarang menetapkan nilai TOEFL minimum bagi para calon pelamar pekerjaan. Dunia teknologi, penerbangan, pariwisata dan diplomatik bergantung erat kepada bahasa Inggris.
O Membuka jendela dunia lebih lebar
           
Banyak pula buku berbahasa asing yang hanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Jika Anda dapat membaca bahasa Inggris, Anda akan memiliki pilihan bacaan yang jauh lebih beragam; sama pula halnya dengan film.
O  Menaklukkan internet
            Banyak yang berpikir bahwa sebagaian situs di internet telah  diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi jika kita belajar dan menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris, maka kita tidak susah- susah lagi untuk menerjemahkan kalimat di internet dengan menggunakan alat/kamus penerjemah bahasa Inggris.
O  Menjadi ilmuwan
            Para peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia berkomunikasi satu sama lain dalam bahasa Inggris. Konferensi ilmiah diadakan dalam bahasa Inggris dan hasil-hasil penelitian juga dipublikasikan dalam jurnal berbahasa Inggris. Lebih dari dua pertiga ilmuwan di seluruh dunia membaca dalam bahasa Inggris.
O  Mengejar kesempatan di luar negeri
            Ada ribuan program belajar, bekerja dan sukarelawan di seluruh dunia, tetapi hampir seluruhnya hanya ditawarkan kepada mereka yang menguasai bahasa Inggris. Dunia yang penuh dengan kesempatan terbuka bila kita bisa berbicara bahasa Inggris.

            Belajar bahasa Inggris bukan sekedar mengenal grammar, vocabulary dan spelling. Tetapi kita juga belajar untuk mengenal budaya lain. Dan itu akan membuat sikap kita jadi lebih positif terhadap orang yang berasal dari kultur dan budaya lain.
Kemampuan belajar berbahasa inggris bukan cuma dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap budaya lain, tapi juga budaya sendiri sehingga membuat kita jadi lebih paham mengenai bahasa dan budaya kita sendiri serta menambah pengetahuan, kemampuan dan pemahaman. Kita jadi tahu cara mempelajari, menguasai, dan menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris itu sebenarnya bukan sekedar kata-kata untuk di terjemahkan, tapi juga untuk dimengerti dan dimaknai.

3.4        PENGARUH BAHASA INGGRIS TERHADAP BAHASA INDONESIA
            Masuknya unsur-unsur asing secara historis sejalan dengan kontak budaya antara bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa pemberi pengaruh seperti Bahasa Sansekerta, Bahasa Arab, Bahasa Belanda serta Bahasa Inggris yang berjalan hingga sekarang, salah satu faktor penyebabnya adalah semakin intensifnya hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi antara bangsa Indonesia dengan masyarakat pengguna bahasa Inggris.
            Unsur-unsur asing ini telah menambah sejumlah besar kata ke dalam bahasa Indonesia sehingga bahasa Indonesia mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan zaman. Dan sejalan dengan perkembangan itu muncullah masalah-masalah kebahasaan, khususnya penyerapan kata-kata bahasa Inggris. Penyerapan dengan penyesuaian pada umumnya mengacu pada ucapan kata aslinya. Dengan demikian akan terjadi  dalam ejaannya, diselaraskan dengan kaidah bahasa Indonesia.
            Berikut ini dapat dilihat beberapa macam pola penyerapan kata-kata dalam bahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia.
1.        Kata-kata dalam bahasa Inggris yang berawal
dengan huruf C,Ch, dan Q. Contoh:
Inggris
Ucapan
Indonesia
Censor
Sensor
Sensor
Canteen
Kantiin
Kantin
Check
Cek
Cek
Chocolate
Cokeleit
Coklat
Quality
Kwoliti
Kualitas
Quiz
Kwiz
Kuiz

2. Suku kata bahasa inggris yang berakhir dengan “-tion” dan “-sion”, berubah menjadi “-si”. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Attention
Atensi
Perhatian
Condition
Kondisi
Keadaan
Discussion
Diskusi
Pembicaraaan
Transportsion
Transportasi
Pengangkutan

3. Kata-kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai suku-kata akhir “-ty” akan berubah menjadi “-tas” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Activity
Aktivitas
Kegiatan
University
Universitas
Perguruan tinggi
Kecuali ;
Inggris
Indonesia
Arti
Comodity
Komoditi
Barang dagangan
Penalty
Penalty
Hukuman
Royalty
Royalty
Pembayaran kepada pemegang hak cipta.

4. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata akhir “-nt” akan berubah menjadi “-n” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Dominat
Dominan
Unggul
Statement
Statemen
Pernyataan
Kecuali ;
Inggris
Indonesia
Arti
Comment
Komentar
Pendapat
Investment
Investasi
Penanaman modal
Argument
Argumentasi/argument
sanggahan

5. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata akhir “-ism” akan berubah menjadi “-isme” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Egoism
Egoism
Mementingkan diri sendiri
Organism
Organism
Mahluk hidup

6. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata akhir “-ive” akan berubah menjadi “-if” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Negative
Negatif
Kurang,buruk
Selective
Selectif
Pilih-pilih

7. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata akhir “-nal” akan berubah menjadi “-nal” dalam bahasa Indonesia, namun ejaan keseluruhan berubah sesuai dengan ucapannya. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Rational
Rasional
Masuk akal
Traditional
Tradisional
Adat,kebiasan

8. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata awal “ph-” sesuai dengan ucapannya menjadi  “f-“  dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Physics
Fisika
Ilmu fisika
Physiologi
Fisiologi
Ilmu  faal

9. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata awal “th-” akan berubah menjadi “t-” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Theatre
Teater
Gedung pertunjukkan
Thermometer
Thermometer
Alat pengukur suhu

10. Kata-kata dalam bahasa Inggris mempunyai suku kata akhir “-y” akan berubah menjadi “-i” dalam bahasa Indonesia. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Biography
Biografi
Riwayat hidup
Calligraphy
Kaligrafi
Seni menulis indah

11. Akhiran suku-kata “-ic” dalam bahasa Inggris dapat menjadi beberapa bentuk.
Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
1.Athelete
Athletic
Athletics
Atlit
Atletis
Atletik
Olahragawan
Sifat badan yang kokoh
Cabang olah raga atletik
2. Fantasy
Fantasia
Fantastic
Fantasi
Fantasia
Fantastis
Khayalan
Karya seni penuh fantasi
Sesuatu yang menakjubkan

12. Kata-kata dalam bahsa Inggris yang berawal dengan huruf C dapat berubah menjadi S, K, atau diawali dengan huruf C dalam bahasa Indonesia, sesuai dengan ucapannya. Contoh:
Inggris
Indonesia
Arti
Ceremony
Seremoni
Upacara
Campus
Kampus
Lingkungan perguruan tinggi
           
            Kata-kata serapan memang menambah pembendaharaan kosakata bahasa Indonesia. Namun, penyerapan atau peminjaman kata-kata asing tersebut juga akan menimbulkan kerancuan, keragu-raguan, atau kekeliruan. Dari beberapa  contoh di atas terlihat jelas bahwa bahasa Inggris sangat mempengaruhi pemakaian kosakata dan bahkan struktur bahasa  Indonesia. Banyak kata yang mengalami perubahan. Perubahan-perubahan yang terjadi terkadang dapat  menimbulkan kerancuan dalam pemakaiannya. Bahkan, pemakaian bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sering digabungkan dalam satu rangkaian kalimat. Hal ini terjadi  supaya  orang yang menggunakannya akan terlihat lebih modern.

            Penyerapan kosakata tersebut dapat menambah pembendaharaan kosakata Indonesia. Hal ini sudah tentu akan mempermudah kita  berinteraksi  khususnya dengan negara- negara lain. Namun, penyerapan kosakota  tersebut  jangan diterima  begitu saja. Dalam proses penyerapan harus dapat dilakukan dengan selektif, supaya karakteristik dari bahasa Indonesia tidak akan hilang.


PENUTUP

1.1       KESIMPULAN
Dari data hasil pengamatan di atas dan uraian dalam pembahasan dapat disimpulkan :
     a. Bahasa Inggris dipilih sebagai Bahasa Internasional karena Negara Inggris merupakan negara yang paling banyak jajahannya yang menguasai sebagian besar lautan dan merupakan penjajah terbesar. Persebaran Bahasa Inggris juga didukung oleh berbagai penemuan yang dilakukan oleh orang- orang inggris. Segala penemuan tersebut di umumkan dengan menggunakan bahasa inggris sehingga menyebabkan bahasa inggris semakin dikenal luas dan menjadi terkenal dengan julukan “ADIKUASA, ADIDAYA dan  SUPERPOWER ”.
     b. Pengetahuan bahasa Inggris untuk perkembangan  bangsa Indonesia menjadi suatu hal yang tidak terelakan. Suka tidak suka, bahasa inggris menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang Indonesia. Biarpun kita tidak berkesempatan untuk ke keluar negeri, pengetahuan ini tetap diperlukan juga. Minimal, kita tidak bingung ketika menonton siaran berita yang berbahasa inggris atau bingung saat membaca buku yang berbahasa Inggris karena tidak terjemahannya. Tapi satu hal yang pasti, kita semua harus mempunyai kemampuan untuk mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa lain.
c. Banyak manfaat yang didapat dari belajar Bahasa Inggris salah satu di antaranya : Dengan belajar bahasa asing bisa membantu meningkatkan kemampuan daya ingat, membaca, menulis, berbicara, mendengar, kreativitas, kemampuan untuk menganalisa, dan memecahkan masalah dan sebagainya.
     d.  Pengaruh Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia terlihat jelas bahwa bahasa Inggris sangat mempengaruhi pemakaian kosakata bahkan struktur bahasa  Indonesia. Banyak kata yang mengalami perubahan. Perubahan-perubahan yang terjadi terkadang dapat  menimbulkan kerancuan dalam pemakaiannya.

4.2       SARAN
            a. Dalam  era globalisasi ini penting sekali untuk belajar atau dapat berbicara bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya. Tetapi jika kita lupa akan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, maka kepercayaan diri akan hilang dan bangsa tidak akan maju. Jadi, sebagai orang Indonesia, seharusnya kita lebih bangga berbahasa Indonesia daripada bisa berbahasa Inggris.
            b. Bahasa Asing selain Bahasa Inggris tidak hanya menjadi bahasa yang luar biasa penting dalam era informasi dan komunikasi ini. Saat kita mampu menguasai banyak bahasa asing, hal ini akan sangat menentukan bagaimana kita bisa berinteraksi secara global. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kita menjadi asing di masyarakat kita sendiri.
            Karena keterbatasan pengetahuan yang kami miliki, maka kami menyarankan untuk dilakukan pengamatan lebih lanjut untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mempelajari bahasa asing di era globalisasi memang sangat penting. Bagi Anda yang berminat untuk belajar bahasa asing, silakan kunjungi website kami http://rumahbahasauniversal.com/id/

choi hye joon mengatakan...

NICE, TERIMAKASIH INFONYA